Jembatan Keledai

Taukah kalian apa itu jembatan keledai?

Menurut wikipedia indonesia, Jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu yang digunakan dalam bidang pendidikan. Jembatan keledai itu biasanya kata atau suku kata yang ditambahin/dikurangin pada susunan kata yang ingin kita hafal supaya menjadi kalimat yang “menarik” dan gampang diingat. Contoh paling terkenal sih ‘mejikuhibiniu’, singkatan untuk deretan warna pelangi merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu (ya, siapa sih yang ngga hafal deret pelangi? XD).

Kita semua pasti pernah setidaknya sekali memakai jembatan keledai untuk menghafal poin-poin penting di pelajaran. Kasus yang cukup sering digunakan sih, terutama untuk anak SMA dan mahasiswa, adalah menggunakan jembatan keledai untuk menghafal sistem periodik. Yap, itu dia :D

Sistem Periodik

Ketika kita belajar kimia (yang mana orang-orang sering bilang itu pelajaran maut), pasti kita pernah bertemu dengan yang namanya sistem periodik. Dan kalian tahu lah, gimana susahnya ngapalin huruf-huruf dari tiap unsur di tiap golongan XD Saya aja, yang mahasiswa Teknik Kimia *uhuk* juga mengakui bahwa yang namanya menghafal sistem periodik itu dahsyat luar biasa. Belum lagi saya juga dituntut untuk menghafal suatu deretan lain yang dikenal dengan nama Deret Volta. Beuh..  Makanya, jembatan keledai itu berguna banget buat ngapalin sistem periodik ini loh! Nah, gimana dulu cara kalian ngehafal sistem periodik? Apakah sama dengan saya jembatan keledainya? hehe. Cek, yuk!

Pertama-tama, jembatan keledai yang gw bikin itu adalah hafalan untuk unsur-unsur golongan A. Dulu pernah mencoba bikin jembatan keledai untuk unsur-unsur golongan B, tapi karena golongan B ngga terlalu banyak dibahas di pelajaran, jadinya lupa deh :(  So, ini dia jembatan keledai (JK) gw:

Gol. I A

Unsur: H – Li – Na – K – Rb – Cs – Fr

JK: HeLiNa Kawin Rabu Cs Frustasi

Gol. II A

Unsur: Be – Mg – Ca – Sr – Ba – Ra

JK: Beli Mangga Campur Sirup Banyak Rasa

Gol. III A

Unsur: B – Al – Ga – In – Tl

JK: Bang Ali Gali Instalasi Telepon

Gol. IV A

Unsur: C – Si – Ge – Sn – Pb

JK: Crayon Sinchan Genit Seneng Perempuanbahenol

Gol. V A

Unsur: N – P – As – Sb – Bi

JK: NaraPidana AS Serba Bisa

Gol. VI A

Unsur: O – S – Se – Te – Po

JK: Orang Sinting Seneng Tebang Pohon

Gol. VII A

Unsur: F – Cl – Br – I – At

JK: Fuji Color Berhadiah Intan Antik

Gol. VIII A

Unsur: He – Ne – Ar – Kr – Xe – Rn

JK:  Heboh Negara Argentina Karena Xenator Runtuh

Hehehe…. itu dia. Sama ngga dengan jembatan keledai kalian?? XD

About these ads

  1. haha gw paling suka golongan7

    Fikri Colornya Brantakan Ih Amit2..

  2. nyo2

    nimpalin ah…
    klo gw

    Gol. I A

    Unsur: H – Li – Na – K – Rb – Cs – Fr
    Hari LIbur NAnti Kami ReBus Cacing Sama FRater

    Gol. II A

    Unsur: Be – Mg – Ca – Sr – Ba – Ra
    BEsok MunGkin CAlon SusteR BAkal RAme

    Gol. IV A

    Unsur: C – Si – Ge – Sn – Pb
    Ciko SI GErmo SeNeng Pake Bh

    Gol. V A

    Unsur: N – P – As – Sb – Bi
    Nenek Peter ASli SeBel baBI

    Gol. VII A

    Unsur: F – Cl – Br – I – At
    yg ini agak disensor dikit yah
    Franky C*Li BaReng Iksan di ATap

    parah2 kan punya gw gie…
    kaco dah klo nginget2 jaman dulu

  3. yayi

    garelo itu ngapalin unsur2 kimia. jangankan unsur2nya, jembatan keledainya aja gua susah bener ngapalinnya.. ;(

  4. ervan

    thanks bwt singkatannya

  5. Wakakakak…yang gw inget:
    Hai LINa Kau ReBut Cinta suci FRans
    sama
    HEboh Negara Arab Karena Xerangan Rumania

  6. faqih

    H Ne Ar Kr Xe Rn
    Hebatnya Nenek Arif Karena Xeksi Rambutnya

  7. Hudson Schneider

    lebih kurang sama juga kayak punya saya

    I A, sama
    II A, sama juga
    III A, Babu Ali Gaet InTel
    IV A, sama
    V A, Nenek” Peot, Asal SuBur Bisa
    VI A, Film Charles Bronson Idaman Ati
    VII A, sama

    ada yang tau ga apalin periode 4 – 6, golongan B

    gw baru dapet periode 4, itu pun ngarang abis, ga nyambung




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: